Kuliah Tamu Fakultas Teknik UNNAR Bersama Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D.

Kedatangan Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D. di Universitas Narotama pada Rabu 13 April 2016 jam 10.30 WIB untuk memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa fakultas tekni program studi teknik sipil. pada kesempatan kuliah tamu ini beliau memberikan materi tentang Respons Dinamik Perkerasan Kaku Akibat Beban Kendaraan yang Bergerak dengan Kecepatan Tidak Konstan.

Dalam ruangan yang cukup luas dan ber AC serta dilengkapi soung system dan Proyektor LCD yaitu Ruang Conference Hall, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D. memaparkan seluruh penelitianya tentang Dinamic Respons of Plate kepada Dosen tetap teknik sipil dan Mahasiswa teknik sipil yang kurang lebihnya 100 peserta yang hadir.

kurang lebih 2 jam acara berlangsung dengan khidmat, pemberian cendera mata oleh dekan fakultas teknik Dr. Ir. Koespiadi, MT dan sesi photo bersama Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D. dengan seluruh Dosen tetap fakultas teknik menjadi sesi awal dimulakanya acara kuliah tamu teknik sipil UNNAR.

sebagai pembawa acara Fredy Kurniawan ST, MT, M.Eng, Ph.D. membuka acara dan memberikan kepada moderator  Ir. Tony Hartono Bagio MT, MM memandu pelaksanaan acara dari awal sampai selesai acara. Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D menjelaskan lendutan maksimum pada jalan itu akan terjadi apabila sebuah truk melintas pada kecepatan 100km/jam – 160km/jam oleh karena itu PT jasamarga pada jalan bebas hambatan menetapkan batas kecepatan antara 80km/jam – 100km/jam untuk mengantisipasi kegagalan struktur akibat resonansi. Pada sesi tanya jawab, beberapa mahasiswa dengan antusias memberikan pertanyaan kepada pembicara Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D. yaitu salah satu mahasiswa teknik sipil bernama  Ridho menanyakan apakah plat perkerasan jalan dapat mengalami kegagalan struktur akibat resonansi stuktur yang sama dengan kecepatan truk dibawah 80Km/jam, karena dari hasil perhitungan modeling matematik menunjukan kecepatan kritis antara 140km/jam – 160km/jam dapat menyebabkan terjadinya lendutan dinamik maksimum yang cukup besar akibat resonansi (kegagalan struktur).

Kesan yang sangat baik bagi Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana M.Sc., Ph.D. pada kesempatan mengisi acara kuliah tamu di Narotama, melihat antusias dosen dan mahasiswanya memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab serta penyambutan yang sangat baik selama pelaksanaan kuliah tamu berlangsung. Dalam waktu dekat Universitas Narotama akan mengadakan penandatangan MOU dengan Universitas Bakrie

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Materi Kuliah Tamu: Presentation-perkerasan kaku jalan raya