Ukur Tanah Lingkungan UNNAR oleh Mahasiswa Prodi Teknik Sipil

Pelaksanaan Praktikum pada matakuliah IUT-GIS (ilmu ukur tanah dan Gis) program studi teknik sipil UNNAR oleh mahasiswa mahasiswi memanfaatkan lingkungan kampus sebagai bahan praktikum. Setelah mendapatkan bimbingan dari bapak Ronny Durrotun Nasihien ST.,MT. selaku Dosen matakuliah dan pembimbing pelaksanaan praktikum, mahasiswa mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan praktek lapangan dalam uji ilmu ukur tanah.

Buku panduan praktikum sebagai acuan kerja dan berkordinasi dengan Bapak Suprayitno, ST. selaku laboran fakultas teknik, untuk mempersiapkan bahan dan alat yang sudah tersedia dalam LAB Teknik Sipil. Sebagai bentuk pembelajaran dalam praktek lapangan Dosen memberikan teknik dasar untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan praktek kepada mahasiswa sebelum dimulainya praktikum.

Penggunaan Rompi, Helm Proyek dan sepatu menjadi prosedur utama dalam keselamatan kerja. Mahasiswa membawa seluruh peralatan yang sudah di siapkan oleh laboran dan memulai pelaksanaan praktikum ilmu ukur tanah.

  1. Diskusi pengantar Praktikum IUT dan persiapan Alat dan Bahan serta pembagian Kelompok.

penjelasan di lab 2. Pengukuran Horizontal

pengukuran horizontal

3. seting alat watterpass

seting alat watterpass

4. pengukuran elevasi dengan watterpass

pengukuran elevasi dengan watterpass

5. Menempatkan bak ukur

menempatkan bak ukur