Pelatihan Residential Waterproofing PT.Sika bagi Mahasiswa Teknik sipil UNNAR

Pelatihan Residential Waterproofing diselenggarakan atas kerjasama antara Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama dan PT Sika Indonesia pada hari Sabtu, tanggal 8 April 2017 di Conference Hall Universitas Narotama. Pelatihan ini adalah salah satu kegiatan rutin program studi Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya. Bapak Hendrawan Winata menjadi Pembicara dan bapak Anang sebagai instruktur pelatihan dari PT. Sika Indonesia. Acara tersebut dibuka oleh Kaprodi Teknik Sipil Universitas Narotama, bapak Fredy Kurniawan, ST, MT, M.Eng., Ph.D. Dalam sambutannya, mahasiswa sangat membutuhkan kegiatan pelatihan yang melibatkan industri seperti PT. Sika Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang miliki kompetensi di bidang konstruksi. Sehingga tidak terjadi gap antara dunia akademik dan industri.

Dari sisi lain, bapak Hendrawan yang juga menjabat sebagai Manajer Distributor Kawasan Indonesia Timur PT. Sika Indonesia menuturkan bahwa peluang kesempatan kerja sangat terbuka lebar untuk kontraktor residential waterproofing. Tanpa memerlukan modal yang cukup besar namun peluang bisnisnya cukup baik. Hanya dengan berbekal produk waterproofing (pelapis anti bocor) dan pengetahuan tentang pengaplikasian produk tersebut dengan benar, maka akan banyak pengguna jasa yang puas dan merekomendasikan kontraktor tersebut ke banyak orang. Hal ini dikarenakan banyak produk yang dipakai pada saat mengatasi kebocoran tidak sesuai dengan jenis kerusakan dan cara mengaplikasikannya. “Secara umum ada 4 jenis bahan dasar produk waterproofing, yaitu: Cement Base (Semen), Acrylic Base (Akrilik), Asphalt Base (Aspal), dan Polyurethane Base (Poliuretana/PU). Dari keempat jenis bahan dasar tersebut peruntukkan dan pengaplikasiannya tidaklah sama” pungkas bapak Hendrawan.

Pelatihan Residential Waterproofing yang dihadiri 68 mahasiswa program studi teknik sipil universitas Narotama mendapat sambutan yang sangat antusias dari para peserta. Banyak dari mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan tersebut tertarik untuk mencoba peluang menjadi kontraktor khusus waterproofing. Dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan serupa dengan tema yang berbeda.