PROFIL PRODI

PROFIL PRODI TEKNIK SIPIL

Program Studi Teknik Sipil berdiri pada tahun 1981 bersamaan dengan tahun berdirinya Universitas Narotama. Sejak didirikan sampai sekarang, Program Studi Teknik Sipil telah meluluskan lebih dari 475 sarjana (S1). Sejak tahun 2003 Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama mendapat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nomor SK: 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013.

Sejak berdirinya Program Studi Teknik Sipil berorientasi pada aplikasi teknik sipil umum yang terdiri dari beberapa bidang keahlian meliputi struktur, geoteknik, keairan, transportasi dan aplikasi. Tujuan dari orientasi ini adalah agar lulusan dapat lebih mudah beradaptasi di semua bidang dalam lingkungan teknik sipil, selain itu mereka diharapkan mampu menguasai dasar ilmu teknik sipil dan dapat mempraktekkan secara aktual di lapangan, familiar dengan teknologi informasi, mampu berlogika dan bernalar dengan baik, mampu mengembangkan diri secara terus menerus, dan memiliki kepribadian profesional.

Mulai diberlakukannya ekonomi pasar bebas dalam regional ASEAN dan Pasifik pada tahun 2003 telah memperluas kesempatan kerja yang dapat diraih oleh lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama, namun demikian dengan tingkat persaingan bebas, dirasa lulusan yang ada harus lebih ditingkatkan kemampuannya, misalnya lulusan dengan kemampuan teknik yang berorientasi pada lingkungan akan mendapat kesempatan lebih besar dalam pasar nasional dan internasional, karena isu-isu lingkungan merubah paradigma dalam lapangan kerja teknik sipil. Pemberian ijin pada universitas untuk membuka program studi teknik sipil juga membuat kompetisi semakin berat dalam merekrut mahasiswa, begitu pula kesempatan kerja para lulusannya. Melihat kesempatan dan tantangan yang ada, ternyata lulusan Teknik Sipil Universitas Natotama masih dibutuhkan. Namun Teknik Sipil Universitas Narotama perlu melakukan peningkatan di beberapa aspek, meliputi nilai IPK rata-rata lulusan dan mahasiswa, kemampuan berkomunikasi (terutama bahasa asing) dari lulusan dan mahasiswa, serta memperpendek waktu studi mahasiswa, mengingat aspek-aspek tersebut dirasa masih lemah untuk dapat bersaing dalam bursa kerja global.

Untuk mengantisipasi persaingan dengan program studi sejenis Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama telah melakukan evaluasi kurikulum program studi secara terus menerus untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja yang terus berubah. Pada tahun 2014 telah mulai dilakukan evaluasi terhadap kurikulum Jurusan Teknik Sipil, dan telah disusun Rancangan Kurikulum yang merupakan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan UU no. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada Tahun 2015 kurikulum berbasis KKNI telah dibuat dan diberlakukan sehingga mahasiswa yang telah lulus memiliki kompetensi keahlian teknik sipil yang sesuai dengan pasar kerja.

I. VISI

Visi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Narotama adalah: Terwujudnya Program Studi Teknik Sipil yang Modern dan Bermutu Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tahun 2025

II. MISI

Untuk mencapai visi ini, Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama mengemban misi sebagai berikut:

Memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan berdaya saing global dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

 

III. TUJUAN

Menetapkan tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Teknik Sipil adalah:,

1) Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang mampu menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
2) Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang mampu menciptakan proses dan pelayanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan bertata kelola baik (Good Governance), serta memiliki daya saing tingkat Nasional dan Internasional.
3) Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermutu dan menghasilkan penemuan-penemuan inovatif.

 

IV. PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Teknik Sipil:

  • Perencana / Pengawas di bidang Teknik Sipil
  • Pelaksana Pembangunan Fisik di bidang Teknik Sipil
  • Pembuat Kebijakan / Peraturan Perundang-undangan di bidang Teknik Sipil

Kompetensi utama lulusan Program Studi Teknik Sipil:

  1. Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan
  2. Berbudi pekerti luhur dan berkepribadian tinggi
  3. Bewawasan global, profesional, inovatif, kreatif, dan mampu bekerja sama dalam satu tim
  4. Berbekal cukup dalam hal kecakapan berwirausaha dan pengembangan diri

 

V. CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NAROTAMA

Program Studi Teknik Sipil telah menetapkan Capaian Pembelajaran lulusan sesuai dengan hasil tracer study dan Workshop tentang Capaian Pembelajaran yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Juni 2015, dengan melibatkan beberapa stakeholders yaitu organisasi profesi hukum, lembaga pemerintahan, pengguna lulusan, alumni, dosen, mahasiswa serta pimpinan Program Studi lainnya.
Hasil rumusan Capaian Pembelajaran sebagai Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi ini sudah disesuaikan Visi dan Misi Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama dan disusun berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud SNPT).
Berdasarkan Permendikbud SNPT bahwa Capaian Pembelajaran lulusan merupakan kriteria standar kompetensi lulusan pendidikan tinggi yang merupakan internalisasi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Capaian Pembelajaran dirumuskan ke dalam deskripsi yang mencakup aspek Sikap, Penguasaan Pengetahuan/Keilmuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus. Adapun hasil rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi Universitas Narotama adalah sebagai berikut:

A. SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Bewawasan global, profesional, inovatif, kreatif, dan mampu bekerja sama dalam satu tim.

B. PENGETAHUAN UMUM (PENGUASAAN PENGETAHUAN)

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tersebut secara mendalam;
  2. Mampu menguasai berbagai metode kerja pelaksanaan konstruksi;
  3. Menguasai pemahaman dan penerapan dokumen pelaksanaan berupa kontrak dan dokumen pendukungnya (contohnya: gambar kontrak/teknis dan gambar kerja), dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan gedung di lapangan;
  4. Mampu menguasai prosedur penyusunan struktur organisasi proyek lengkap dengan personil, uraian tugas dan wewenang sesuai jumlah dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan perkerjaan sesuai dengan isi kontrak;
  5. Mampu menguasai prosedur penyusunan dan pengendalian jadwal waktu pelaksanaan proyek;
  6. Mampu menguasai dasar-dasar perencanaan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan;
  7. Mampu menguasai prosedur kerja pengawas;
  8. Memiliki pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan Lingkungan di tempat kerja;
  9. Menguasai prosedur pelaksanaan survey pengukuran dalam kegiatan-kegiatan pelaksanaan konstruksi gedung, meliputi pengoperasian peralatan ukur, membaca gambar desain bangunan serta pelaksanaan stake out sesuai spesifikasi yang disyaratkan dengan memperhatikan K3 dan Lingkungan.

C. KETRAMPILAN UMUM (HAK / WEWENANG & TANGGUNG JAWAB)

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaannya yang menjadi tanggung jawabnya;
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  7. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya;
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

D. KETRAMPILAN KHUSUS (KETERAMPILAN KERJA)

  1. Memiliki kemampuan pelaksanaan konstruksi;
  2. Memiliki kemampuan menyusun dan memanfaatkan jadwal pekerjaan untuk mengendalikan pelaksanaan konstruksi;
  3. Mampu menyusun Organisasi Proyek, termasuk mampu merinci ruang lingkup pekerjaan dan menghitung jumlah tenaga kerja yang diperlukan;
  4. Menyusun dan mengelola anggaran biaya;
  5. Menguasai penggunaan alat ukur;
  6. Memiliki kemampuan penyelesaian sengketa konstruksi;
  7. Menguasai aplikasi komputer di bidang teknik sipil untuk desain;
  8. Memiliki kemampuan manajemen resiko proyek (memiliki kepekaan terhadap dampak yang terjadi selama proyek);
  9. Memiliki pengetahuan material konstruksi dan kebutuhannya;
  10. Kemampuan melakukan desain konstruksi yang berkelanjutan;
  11. Menguasai aplikasi komputer di bidang teknik sipil;
  12. Memiliki kemampuan manajemen infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan;
  13. Mampu membuat dan menganalisis usulan proyek yang tepat sasaran.

 

VI. MAHASISWA AKTIF 

mahasiswa-aktif-teknik-sipil-2012-2016

 

 

VII. PERINGKAT PRODI TEKNIK SIPIL DI SURABAYA

Berikut Universitas Negeri dan Swasta terbaik di Surabaya program studi Teknik Sipil yang mendapat A, B, dan C berdasarkan akreditasi BAN-PT.

Nama jurusan Universitas Jurusan Teknik Sipil Akreditasi jurusan
Teknik
Sipil
Institut Teknologi Sepuluh Nopember-ITS A/2010-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, Surabaya A/2013-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Narotama, Surabaya B/2013-ban-pt
Teknik Sipil UPN Veteran Jatim, Surabaya B/2010-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Dr. Soetomo, Surabaya B/2014-ban-pt
Teknik Sipil Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya B/2009-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surabaya C/2013-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Wijaya Kusuma Surabaya C/2010-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya-Unesa C/2013-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Bhayangkara, Surabaya C/2011-ban-pt
Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Universitas C/2012-ban-pt
Teknik Sipil Universitas Yos Sudarso, Surabaya C/2014-ban-pt
VIII. VIDEO PROFIL TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NAROTAMA

IX. LOKASI PRODI TEKNIK SIPIL

 

X. PARTNER PRODI TEKNIK SIPIL

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Narotama telah melakukan kerjasama dan kegiatan bersama dengan beberapa instansi baik nasional maupun internasional.

Berikut instansi asal mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Narotama:

  • Fresh Graduates (SMU / SMK)
  • Balai Besar V Surabaya – Bina Marga
  • PT Pembangunan Perumahan Tbk
  • PT Adhi Karya Tbk
  • PT Cipta Karya Tbk
  • Dinas PU Pengairan Provinsi Jawa Timur
  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah II Surabaya
  • PT Semen Indonesia (Semen Gresik)
  • PT Jaya Readymix Surabaya
  • PT Waringin Megah Surabaya
  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk Surabaya
  • Diploma (D3 Teknik Sipil) ITS, ITN, Unibraw
  • Kontraktor (Gedung, Keairan, dan Jalan Raya)
  • Konsultan (Gedung, Keairan, dan Jalan Raya)
  • Dan sebagainya

Kerjasama di tingkat Nasional:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Pasundan
  • KONI Kota Surabaya
  • Politeknik NSC Surabaya
  • Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI)

Kerjasama di tingkat Internasional:

  • Heriot-Watt University, United Kingdom
  • University of Derby, United Kingdom
  • Burapha University, Thailand
  • Siam University, Thailand
  • Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia
  • University of Philippines Los Banos, Philippines
  • Guizhou University, China
  • Islamic Azad University, Iran
  • Edith Cowan University, Australia
  • INSTITUT FRANCAIS INDONESIE, France
  • Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Ho Chi Minh City, Vietnam
  • Philippine Cyber College, Philippines
  • Binary University College, Malaysia